Artis Muslim Banyak yang Gak Kenal Nabi Muhammad SAW?



129798787166180774
Ilustrasi : www.hasrul09.blogspot.com
Tiga hari lalu (15/2) saya menginap di rumah saudara. Ketika pagi hari, mereka menyetel TV dan saya ikut menontonnya. Kebetulan siaran yang ditonton adalah ceramah pagi di TransTV. Nama acaranya ‘Islam Itu Indah’. Tahu kan siapa ustadz yang ceramah? Itu lho Ust. Muhammad Nur Maulana. Ustadz yang kalau menurut saya sih gayanya lebay banget dan penampilannya mirip pelawak. Gimana gak lebay, soalnya setiap dia berceramah selalu diikuti gerakan yang bikin penonton jadi ngakak, kayak lihat komedi aja.
Mungkin ada yang tidak suka dengan gaya ceramah seperti ini. Tapi bagi saya sih gak terlalu masalah. Metode dakwah bermacam-macam, penyampaian bisa berbeda-beda, tergantung masing-masing orang. Yang penting apa yang disampaikan tidak melenceng dari ajaran Rasul dan caranya tidak menyalahi aturan.
Saya sendiri baru beberapa kali mendengar ceramahnya. Sambil tertawa geli tentunya. Saya perhatikan jamaah yang ikut pengajiannya melalui layar kaca, rupanya banyak dari kalangan artis. Di situ terlihat wajah-wajah yang lumayan kukenali, ada Gina ‘Jeng Kelin’, Teuku Zacky, dan masih banyak lagi tapi saya lupa dan banyak yang gak tahu namanya. Maklum bukan pengamat artis sih hehehe.
Kebetulan topik yang dibahas saat itu mengenai Maulid Nabi Muhammad SAW, karena kebetulan bertepatan dengan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, 12 Robiul Awal. Beliau di situ bercerita tentang pentingnya mengenal Nabi Muhammad. Itu merupakan salah satu cara untuk mencintai Rasulullah, dan itu harus dibuktikan secara lisan dan perbuatan. Secara lisan yaitu salah satunya dengan memperbanyak shalawat, sedangkan perbuatan dengan cara meneladani sikap dan perbuatan Rasulullah.
Pada saat itu banyak juga yang bertanya, antara lain mengenai perbedaan peringatan dan perayaan nabi Muhammad SAW. Menurutnya perayaan itu dilakukan pada saat hari lahirnya, sedangkan peringatan bisa dilakukan sebelum atau sesudahnya dan bisa kapan saja. Dan yang dilakukan kebanyakan masyarakat adalah peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Ada juga yang bertanya mengenai hukumnya memperingati Maulid Nabi, apakah ada contohnya atau tidak di zaman Rasul. Beliau menjawab bahwa tujuan maulid ini kan untuk mengingat dan mengenal sejarah hidup Nabi Muhammad SAW jadi ya boleh-boleh saja.
Sambil menjelaskan, tentu saja disertai dengan gerakan tubuhnya yang ‘lebay’, Ust. Nur Maulana bertanya kepada Gina ‘Jeng Kelin’, umur berapa Rasul wafat? Jeng Kelin menjawab sambil dibisiki teman di sebelahnya “53 tahun”. Padahal jawaban yang benar 63 tahun. Kemudian pertanyaan lain diajukan kepada Teuku Zacky, siapa kakek Rasulullah? Dijawabnya Abu Thalib. Ternyata jawabannya salah juga, padahal yang benar Abdul Mutthalib. Itu baru nama-nama keluarganya, belum lagi tentang sejarah yang lebih detil.
Agak memprihatinkan juga, tetapi dari sini kita bisa bercermin, ternyata banyak umat islam (bukan hanya kalangan artis saja lho) yang tidak ingat dengan Rasulnya. Mungkin kita malah kalah dengan anak SD yang hafal keluarganya Nabi. Tapi kita sendiri, seiring dengan bertambahnya umur malah melupakan sejarah penting yang harusnya selalu diingat seumur hidup. Bukannya hanya pada saat belajar agama di sekolahan dulu saja. Mungkin kalau ditanya siapa nama cucu Nabi Muhammad, banyak yang gak tahu. Tapi kalau ditanya mengenai artis cilik Baim yang lagi naik daun sekarang pasti jarang yang gak tahu kan.
Ini renungan saja bagi yang beragama islam, termasuk saya sendiri juga banyak yang lupa dan tidak tahu detil mengenai sejarah rasul kita, Nabi Muhammad SAW. Padahal Allah SWT mememerintahkan kita untuk mencintai Rasul. Tapi bagaimana kita bisa mencintai, jika tidak kenal beliau. Ayo buktikan cinta kita pada nabi kita Muhammad SAW!!!
Semoga bermanfaat.
Bogor, 18 Februari 2011

Aryani Leksonowati

Lahir di kota hujan yg sejuk, dari ortu yg asli Jawa, tp belum pernah bisa berkomunikasi dlm bahasa Jawa, pernah 10 tahun terdampar di Banjarbaru yg panas, tp balik lg ke kota kelahiran tercinta...I am just the way I am, a little dreamer, agak pemalu tp gak malu-maluin koq :-), melankonlis kuat tp sedikit koleris, pecinta tanaman & lingkungan, mudah terharu, senang fotografi, design & art, handycraft, travelling & ecotourism, pokoknya yg serba alami dech alias naturalist, a lot of friendship...hmm apa lagi yaaa....kalo nulis kyknya belum jd hobi dech, makanya gabung di kompasiana :...


Jangan Lupa Jempolnya :


Berikan Tanggapan Anda .....

0 Respones to "Artis Muslim Banyak yang Gak Kenal Nabi Muhammad SAW?"

Post a Comment

 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 Bangunlah negeriku PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info