Go Green! Kegiatan Manusia Penghasil CO2



Emisi gas CO2 menjadi banyak pembicaraan saat ini. Gas CO2 seperti banyak kita ketahui sangat penting keberadaannya di bumi ini, tak lain karena dibutuhkan dalam proses fotosintesis tumbuhan. Namun Demikian gas CO2 juga tidak boleh terlalu banyak karena merupakan salah satu faktor penting terjadinya pemanasan global. Emisi gas C02 sangat memengaruhi perubahan iklim bumi, jika gas CO2 semakin meningkat maka bumi akan semakin panas. Beberapa hal yang harus kita perhatikan adalah sebagai berikut:

Pertama, hampir bisa dipastikan setiap kegiatan manusia menghasilkan CO2. Masalahnya bukan menghasilkan CO2 itu sebenarnya, tetapi bagaimana menekan jumlah CO2 yang dihasilkan. Pilihannya tentu menggunakan teknologi yang yang lebih ramah lingkungan, mobil yang emisi CO2-nya sangat rendah dan berbagai teknologi lain seperti penggunaaan panel surya.

Kedua, internet cukup berperan dalam menghasilkan CO2. Dari daftar kita bisa lihat, kegiatan ber-facebook-an saja bisa menghasilkan gas CO2 sebanyak 13,6 juta ton, sedangkan dunia internet secara keseluruhan menghasilkan gas CO2 sebanyak 300 juta ton. Untuk menolong bumi dan menekan emisi gas CO2 tidak lain kegiatan internet ini harus dikurangi, namun tampaknya hal ini tidak bisa terjadi mengingat makin majunya dunia internet itu sendiri.

Ketiga, beberapa peristiwa di dunia seperti Piala Dunia dan Olimpiade juga berperan dalam menghasilkan gas CO2 lebih banyak. Namun melihat tren, peristiwa yang terus berulang setiap jangka waktu tertentu ini tak akan bisa dihalangi untuk terjadi, Nah akhirnya gas CO2 akan makin banyak di bumi karena manusia cara-cara untuk menguranginya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan cara-cara menguranginya.

Keempat, negara Amerika Serikat merupakan penyumbang gas CO2 terbesar di dunia. Tampaknya akan sangat sulit mengurangi gas CO2 tanpa peran serta negara ini dan negara lain seperti Inggris dan China. Sebagai negara-negara dengan hasil CO2 terbesar di dunia, peran serta ketiga negara tersebut sangat menentukan dalam pengurangan CO2 atau teknologi untuk pemurnian gas CO2 tersebut. Namun melihat kondisi saat ini terutama negara China yang sangat maju pertumbuhan ekonominya di tahun 2010 yang lalu usaha ini akan sulit dilakukan.

Indonesia sendiri sebenarnya tidak terlepas dari penambahan Gas CO2 di bumi ini. Mengutip data tahun 2009, dalam kurun waktu 2003-2008 total gas CO2 yang dihasilkan Indonesia adalah setara dengan 638,975 giga ton. Sumber utama penghasilnya adalah konversi hutan, perubahan dalam hutan dan persediaan biomass lainnya, industri manufaktur dan konstruksi, transportasi, sumber aktifitas dan panas, pembuangan terbuka limbah padat, air limbah, dan pengerjaan lahan padi dan rumah tangga.

Data yang lebih lengkap dirilis oleh sebuah situs yang mendata beberapa kegiatan manusia umumnya di muka bumi ini yang sangat besar potensinya dalam menambah emisi gas CO2 tersebut. Data yang dirilis tanggal 4 Januari 2011 ini ditampilkan dalam beberapa kategori penting berikut ini.

1. Elektronik

Dalam kategori elektronik ini terdapat beberapa kegiatan manusia atau pembuatan barang tertentu yang menghasilkan CO2 cukup banyak. Kegiatan yang paling banyak, yaitu

a. penggunaan ponsel di seluruh dunia dalam satu tahun menghasilkan CO2 sebanyak 125 juta ton

b. pembuatan 10 komputer dekstop menghasilkan 8 ton CO2

c. pembuatan small office computer dalam setahun menghasilkan CO2 sebanyak 1,3 ton

d. pembuatan sebuah laptop menghasilan CO2 sebanyak 200 kg

e. aktivitas menelpon dengan ponsel selama setahun dengan pemakian rata-rata 1 jam sehari menghasilkan CO2 sebanyak 1.250 kg

2. Web

Dunia web atau internet semakin bekembang bahkan sangat maju di tahun 2010 yang lalu yang ditandai dengan menjamurnya social media. Dalam kategori web ini terdapat beberapa kegiatan yang menghasilkan CO2 sebagai berikut:

a. Internet secara keseluruhan menghasilkan CO2 sebanyak 300 juta ton

b. Data centers di seluruh dunia menghasilkan sebanyak 130 juta ton CO2

c. Permainan online World of Warcraft menghasilkan CO2 sebanyak 2,7 juta

d. Facebook sebanyak 13,6 juta ton

e. Skype sebanyak 24 juta ton

f. Xbox Live sebanyak 2,7 juta ton

g. Pencarian di internet selama setahun menghasilkan CO2 sebanyak 22.600 ton, 5,109 ton diantaranya dihasilkan di AS

3. Transportasi

Dunia transporasi merupakan penyumbang CO2 yang penting karena hal ini terkait dengan emisi gas buang dari pembakaran bahan bakar. Dari daftar diperoleh angka berikut ini:

a. Keseluruhan mobil di Inggris menghasilkan sebanyak 18,3 juta CO2

b. Semua penerbangan di Eropa selama sehari menghasilkan CO2 sebanyak 560 ribu ton CO2

c. Pesawat dari bandara Heathrow dalam setahun menghasilkan CO2 sebanyak 2 juta ton

d. Semua penerbangan di dunia menghasilkan 670 juta ton CO2

e. Penerbangan dari New York ke London per penumpang menghasilkan CO2 sebanyak 610 kg

4. Energi

Dalam kategori energi terdapat beberapa kegiatan yang menghasilkan CO2 sebagai berikut:

a. Listrik di AS selama setahun menghasilkan CO2 sebanyak 2,4 miliar ton.

b. Penerbangan luar angkasa menghasilkan CO2 sebanyak 4.600 ton

5. Global

Beberapa daerah atau negara yang menghasilkan gas CO2 terbanyak sebagai berikut:

a. Malawi menghasilkan CO2 sebanyak 1,5 juta ton

b. Islandia 4 juta ton

c. Australia 610 juta ton

d. Perancis 810 juta ton

e. Inggris 862 juta ton

f. Kanada 890 juta ton

g. Brazil 980 juta ton

h. Jerman 1,4 miliar ton

i. India 1,4 miliar ton

j. Rusia 1,9 miliar ton

k. China 4,3 miliar ton

l. Amerika Serikta 8,3 miliar ton

6. Peristiwa

Peristiwa-peristiwa di dunia yang menghasilkan gas CO2 adalah sebagai berikut:

a. Piala dunia di Afrika Selatan di tahun 2010 menghasilkan CO2 sebanyak 2,8 juta ton

b. Letusan Gunung Pinatubo tahun 1991 menghasilkan CO2 sebanyak 42 juta ton

c. Gunung Etna sebanyak 1 juta ton

d. Seluruh Konser musik atau festival musik di Inggris menghasilkan sebanyak 84.000 ton CO2

e. Proyek Olimpiade London 2012 menghasilkan CO2 sebanyak 3,4 juta ton

Masih ada beberapa kategori kegiatan atau proses produksi atau barang lain yang bisa menghasilkan CO2, seperti kegitan rumah tangga dan makan minum. Namun besarnya gas CO2 yang dihasilkan tidak sebesar kategori-kategori di atas. Dan bisa dipastikan hampir seluruh kegiatan manusia berpotensi menghasilkan gas CO2. Perlu diingat sesuai dengan ciri gas yang tidak memiliki bentuk, tentu kita tidak bisa melihat seberapa besar bentuk CO2 yang sebesar misalnya 3,4 juta ton. Namun yang pasti gas Co2 tersebut ada di atmosfir bumi ini.

Nah dari berbagai kegiatan tersebut di atas tidak dipungkiri lagi semakain banyak emisi gas CO2. Tinggal bagaiman kita untuk menguranginya saja dan itu dibutuhkan program terpadu.


Jangan Lupa Jempolnya :


Berikan Tanggapan Anda .....

2 Respones to "Go Green! Kegiatan Manusia Penghasil CO2"

HAFIZUL BIN HAZIQ said...

e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

email:::::::hafizulbin365@gmail.com
Name::::Hafizul Bin Haziq
Country:::Malaysia

Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785k yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440k telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"

Country::::::Malaysia
Name::::::::Hafizul Bin Haziq
email::hafizulbin365@gmail.com
Telephone Number:[+60]1123759663
WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]


June 4, 2020 at 3:36 AM
ISLAMIC REFINANCING LOAN COMPANY said...

Adakah anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi baik dan mendesak? Pencarian anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini kerana kami di sini untuk memenuhi keperluan kewangan anda. Sekiranya atas sebab apa pun anda ditolak pinjaman dari bank atau institusi kewangan, jangan bimbang lagi masalah kewangan anda kerana kami adalah penyelesaian untuk masalah kewangan anda. Kami telah membuat pinjaman perniagaan berbilion (mata wang campuran) kepada lebih daripada 32,000 pemilik perniagaan. Kami menggunakan teknologi risiko yang ditetapkan sendiri untuk memberi anda pinjaman korporat yang tepat supaya anda dapat mengembangkan perniagaan anda. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan kadar faedah rendah dan juga jangka waktu untuk melunaskan pinjaman. Adakah anda mempunyai kredit buruk? Adakah anda memerlukan wang untuk membayar bil anda? atau adakah anda merasakan keperluan untuk memulakan perniagaan baru? Adakah anda mempunyai projek yang belum selesai kerana pembiayaan yang rendah? Adakah anda memerlukan wang untuk melabur dalam bidang khas yang akan memberi manfaat kepada anda? ISLAMIC REFINANCING LOAN COMPANY
tujuannya adalah untuk menyediakan e_mail perkhidmatan kewangan profesional yang sangat baik: [islamicrefinancing@gmail.com]
WhatsApp: +15716666386


May 19, 2021 at 1:25 PM

Post a Comment

 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 Bangunlah negeriku PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info