Pelajaran dari Seorang Atheis



Saya sekarang menuntut ilmu di Guangzhou, China. Murid-murid di universitas saya sebagian besar berasal dari luar China. Kelas saya sendiri murid-muridnya berasal dari 6 negara: Indonesia, Thailand, Filipina, Myanmar, Madagaskar, dan Rusia.

Agama yang dianut murid-murid pun beragam: murid Thailand mayoritas Budhis, murid Filipina mayoritas Katolik, dst. Kalau mau dibandingkan, murid Indonesialah yang agamanya paling beragam, dari Islam, Kristen, sampai Budha.

Mau tahu apa agama mayoritas dosen-dosen kami? Yup, benar sekali, Atheis. Memang fakta yang agak memprihatinkan, di China sudah lebih banyak yang Atheis ketimbang yang Theis.

Dosen-dosen kami pun sering, baik secara sadar maupun tanpa sadar, mempertunjukkan ke-atheis-an mereka. Misalnya saat menceritakan mitos-mitos China, mereka akan bilang, “Tentu saja, ini semua cuma buatan manusia…. Nggak ada yang namanya dewa atau surga itu….”

Anehnya, kalau soal toleransi, mereka jauh lebih unggul ketimbang kita yang beragama.

Waktu itu kebetulan sedang hot-hotnya MV Telephone-nya Lady Gaga yang vulgar itu. Di kelas pun MV itu diputar saat jam istirahat. Seorang teman Muslimah berjilbab cekikikan saat menonton MV tsb. Dosen yang melihatnya kemudian menegur: “Kamu Muslim, kan? Pakai jilbab, lagi. Bukannya kalian tidak boleh nonton yang begituan?”

Pada kesempatan lain, saya dan beberapa orang teman minta izin ke dosen untuk tidak ikut kuliah karena pergi ke gereja merayakan Natal (FYI, di China gak ada tuh yang namanya libur Natal atau Idul Fitri). Kami sudah takut dia akan melarang, tapi…. “Oh, nggak apa-apa, pergi aja… Saya mengerti kok pentingnya Natal….”

Seorang Atheis, yang pada dasarnya menganggap Tuhan tidak ada dan agama hanya isapan jempol, bisa begitu menghargai mereka yang mempercayai “isapan jempol” itu. Kapan kita umat beragama bisa menghargai mereka yang berbeda keyakinan seperti itu? Bukankah, setelah dipikir-pikir, kita ini sama-sama Theis??

Priscilia Chandrawira

An ordinary girl who loves so much to read n write


Jangan Lupa Jempolnya :


Berikan Tanggapan Anda .....

0 Respones to "Pelajaran dari Seorang Atheis"

Post a Comment

 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 Bangunlah negeriku PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info