Arab Saudi Stop Terima Tenaga Kerja Indonesia karena Dikecam Media Indonesia



1297787649626248323
potorakyatmredeka
Setelah beberapa kali kasus penyiksaan TKI yang bekerja di Arab Saudi dari Sumiyati yang bibirnya digunting , Karni dan Kikim yang ditemukan tewas, membuat media di Indonesia marak memberitakan kasus ini dengan gencar dan terus mengecam  pemerintahan Arab Saudi, membuat  pemerintah arab Saudi kebakaran jenggot, sehingga keluarkah keputusan untuk tidak menerima TKI dari Indonesia.
Sebagai gambaran, inilah daptar TKI yang disiksa dan meninggal pada tahun 2010
No
Nama
Asal
Negara Tujuan
Kondisi
Tahun
1Sumiyati binti MustafaDompu, NTBArab SaudiKulit mengelupas, luka bakar dan bibir diguntingNovember 2010
2Biyanti MarsonoSingapuraDipukul sampai hidung mengeluarkan darah2010
4IndriyaniLampungMalaysiaLuka di wajah dan bagian vitalnyaSeptember 2010
5Muntik HaniJombangMalaysiaMeninggalApril 2010
6Slamet RiyadiAmpelrejo, JemberMalaysiaMeninggal2010
7KarniMojmulyo, JemberSingapuraMeninggal2010
8RiadiyantoPuger Kulon, JemberArab SaudiMeninggalFebruari  2010
9NafsiyahMlokorejo, JeberMalaysiaMeninggal2010
10HalimahCianjur, JabarArab SaudiMeninggal di Lorong Jembatan di Arab SaudiAgustus 2010
11Kikim KomalasariJabarKota Abha, Arab SaudiDibunuh dan mayatnya dibuang di tong sampahNovember 2010
faktor lainnya yang menyebkan penghentian itu adalah rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memberikan telepon seluler kepada para TKI. Hal itu tidak sesuai kesepakatan, karena pemerintah Saudi mensyaratkan kepada TKI tidak boleh membawa telepon seluler dan tidak boleh meminta kepada majikannya.
Namun  Menurut Ketua komite perekrutan Kadin Jeddah, Yahya Hassan Al-Maqbool, terdapat ketidaksepahaman antara Indonesia dan Saudi terkait upah dan biaya perekrutan TKI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan sopir. Saat ini jumlah TKI di Arab Saudi telah mencapai hampir 1 juta dan 97 persen di antaranya merupakan pembantu rumah tangga dan sopir.
Berita ini memang dilematis bagi para TKI dan pemerintah, karena   pemerintah belum mempunyai alternative lain untuk menyalurkan para TKI ke negara lain, dalam jangka pendek.
Dalam jangka panjang keputusan arab Saudi ini harusnya bagus buat Indonesia, karena tidak aka ada lagi penyiksaan TKI dinegara tersebut, dan pastinya ini menjadi PR bagi pemerintah untuk lebih cepat menarik investor asing, dan memacu industri dalam negeri untuk terus berkembang agar  bisa menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya.
Pemerintah juga harus menumbuh kembangkan jiwa wirausaha bagi rakyat Indonesia,  program-program yang selama  berkaitan dengan penumbuhan UKM dengan bekerjasama degan perguruan-perguruan tinggi, untuk menarik para serjana yang baru lulus agar mau membuka usaha harus lebih digalakkan.
UKM yang sudah ada juga harus lebih di didukung dengan agar lebih cepat berkembang, dengan fasilitas modal yang murah, membantu membukakan akses pasar dan pembinaan manajemen.
Pemerintah juga dalam Jangka singkat, bisa mempercepat program Land reform sehingga petani penggarap, dan petani kecil bisa mendapatkan tanah yang lebih luas, sehingga kemakmuran petani meningkat.
Banyak hal  yang bisa dilakukan pemerintah, dari pada terus “menyembah” negara lain untuk menerima TKI  yang bekerja jadi  pembantu rumah tangga dan sopir.
Apalagi ini berkaitan dengan harga diri bangsa, yang pastinya tidak senang melihat warga negaranya diperlakukan buruk di negara lain.
Kita sebagai bangsa, harus berterimakasih kepada Arab Saudi, karena dengan ditolaknya TKI ini berarti memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi pemerintah, DPR dan Parpol, untuk tidak terus memikirkan kepentingan pribadi, keluarga dan kelompoknya, tapi  berbuatlah untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Sobran Holid

Pelaku usaha kecil, yang bergaul dengan orang-orang kecil.


Jangan Lupa Jempolnya :


Berikan Tanggapan Anda .....

0 Respones to "Arab Saudi Stop Terima Tenaga Kerja Indonesia karena Dikecam Media Indonesia"

Post a Comment

 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 Bangunlah negeriku PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info