Militer Mesir mulai memihak?



BBCIndonesia.com - detikNews
Helikopter militer terbang di atas Lapangan Merdeka Demonstran marah melihat helikopter militer di atas Lapangan Merdeka

Ketegangan makin memuncak di ibu kota Mesir, Kairo, setelah militer unjuk kekuatan pada hari keenam aksi protes antipemerintah.

Dua jet angkatan udara dan satu helikopter terbang rendah berulang kali di atas Lapangan Merdeka (Maidan at-Tahrir), lokasi utama unjuk rasa.

Sederetan tank tiba di sana yang kemudian langsung dihadang oleh para pengunjuk rasa.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton mengimbau "peralihan kekuasaan secara tertib" di Mesir.

"Kami menginginkan sikap menahan diri, kami tidak ingin melihat kekerasan oleh pasukan keamanan mana pun," katanya kepada ABC News.

Wartawan BBC, Jeremy Bowen, di Lapangan Merdeka, mengatakan para pengunjuk rasa menunjukkan sikap teguh dan mereka menuduh militer mencoba menakut-nakuti mereka.

Sebelumnya, meskipun kendaraan lapis baja berkeliaran, para demonstran menguasai pusat kota tanpa ada tanda keberadaan polisi antihuru-hara yang bentrok dengan mereka dalam beberapa hari belakangan.

Pada satu saat, seorang tentara diusung di pundak para pengunjuk rasa yang bersorak-sorai.

Polisi, yang terlibat bentrokan bendarah dengan pengunjuk rasa dalam hari-hari belakangan, hampir tak kelihatan di jalan-jalan.

Sejauh ini, korban tewas dalam bentrokan ini mencapai setidaknya 100 orang tewas.

Ribuan lain luka-luka dalam bentrokan sengit di Kairo, Suez dan Iskandariyah.

(bbc/bbc)


Jangan Lupa Jempolnya :


Berikan Tanggapan Anda .....

0 Respones to "Militer Mesir mulai memihak?"

Post a Comment

 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 Bangunlah negeriku PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info